Kamis, 07 Oktober 2010

Tips: Perbaiki Windows Seven7 dengan Recovery Boot Disc (ISO download)

Komputer laptop office/pribadi Anda dengan Sistem operasi Windows 7 (Seven) mengalami kerusakan. Munculnya kerusakan-kerusakan perangkat lunak disetiap komputer, adalah wajar, khususnya kerusakan Windows. Cuman bagaimana langkah Anda selanjutnya, ingin memperbaiki ke toko atau tempat service kenalan Anda. Atau Anda lebih memilih untuk memperbaikinya sendiri. Sekilas Windows Seven yang baru-baru dikeluarkan tahun 2009 lalu, memang hampir sama dengan Windows Vista sebelumnya, juga terkadang menyimpan banyak masalah. Kebanyakan sih bukan masalah kerusakan, namun masalah user/pengguna Windows yang tidak paham menggunakan. Jadi ada baiknya sebelum Anda belajar cara menggunakan Windows Seven, membaca buku petunjuk Windows Seven, agar Anda sedikitnya lebih tahu tentang OS Windows Seven dan nantinya makin lebih mahir dan pintar.
Nah,, Bagaimana cara Anda untuk mengobati (alias memperbaiki) Windows Seven Anda sendiri tanpa perlu tehnisi komputer? Tentu Anda membutuhkan perangkat P3K (=Pertolongan Pertama Pada Komputer) anda. Apa perangkat P3K itu? Yaitu sebuah Live CD recovery boot disk untuk memulihkan dan mengembalikan semua fungsi dari sistem operasi Windows 7/Seven Anda.  CD Pemulihan sistem darurat ini memungkinkan Anda untuk mengakses penuh restorasi OS. Windows 7 Recovery Disc menyediakan akses ke beberapa perintah recovery, seperti Anda dapat mengembalikan sistem operasi Windows 7Seven dari yang update sistem sebelumnya yang disimpan di restore point. Anda dapat mengambil seluurh sistem operasi Sistem Windows 7 pada tanggal-tanggal atau bulan sebelumnya dimananya Windows 7 masih stabil, tidak crasch, dan berjalan baik-baik saja. Keuntungannya jika memakai Recovery Disc ini komputer tidak perlu diboot ulang.
Tertarik bisa download CD ISOnya dibawah ini!
Download Recovery/Repair Boot Disck.iso (Windows 7 x86/32bit)
Download Recovery/Repair Boot Disck.iso (Windows 7 x64/64bit)
Kedua file iso (versi 32bit/64bit) ini adalah format standar ISO, yang siap untuk dibakar langsung ke CD atau DVD, menggunakan program pembakar Anda, seperti Nero Burning Room. Jadi, jangan tunggu lagi sampai PC Anda crash rusak parah yang mengakibatkan rusaknya sistem Windows. Download dan bakar salah satu dari kedua file .ISO ini sesuai jenis Windows 7 yang Anda pakai saat ini. Windows 7 32 Bit atau Windows 7 64 Bit.
Bagaimana Cara menggunakan CD Windows 7 Recovery Disc?
Pastikan Anda telah membakar (burning) file .ISO dengan program Nero ke dalam CD kosong. Setelah selesai pastikan juga CD telah dimasukkan ke CD/DVD-ROOM atau optical drive. Hidupkan komputer dan pastikan boot dari CD disc tersebut. Setelah komputer boot, Anda akan mendapatkan beberapa macam pilihan di monitor PC Anda antara lain:
  • Startup Repair
  • System Restore
  • System Image Recovery
  • Windows Memory Diagnostics
  • Command Prompt
Kelima macam menu pilihan ini, mempunyai fungsi masing-masing antara lain:
1. Startup Repair digunakan untuk memperbaiki dapat memperbaiki masalah-masalah sistem di harddisk yang mungkin mencegah Windows untuk start, seperti hilang atau rusaknya file sistem Windows 7, atau file sistem yang korup atau Master Boot Record (MBR) yang rusak. Jika komputer Anda gagal untuk boot, pilihan ini merupakan pilihan pertama yang Anda harus coba.
2. System Restore akan mengembalikan komputer Anda ke keadaan sebelumnya, asalkan minimal ada setidaknya satu sebuah data restorasi yang valid. Biasanya Windows secara otomatis membuat sebuah data restorasi, setelah atau sebelum instalasi perangkat lunak dan update Windows. Namun, System Restore ini juga dapat dilakukan secara manual.
3. System Image Recovery memungkinkan Anda untuk memulihkan komputer Anda dari image hard disk disimpan, jika Anda telah membuatnya. Image Hard disk dapat dibuat dari fasilitas Backup dan Restore di Control Panel.
4. Windows Memory Diagnostic akan memindai modul perangkat keras memori (RAM) Anda untuk mengecek kesalahannya. Jika ada kesalahan yang ditemukan melalui tes diagnostik ini di komputer Anda. Jika akibatnya sangat buruk, tentu Anda akan musti mengganti memori RAM Anda.
5. Command Prompt adalah program lama peninggalan DOS, dan dengan Windows Command Prompt, Anda dapat mengeksekusi perintah-perintah yang anda mau, seperti melihat isi direktori, menyalin atau memindahkan file penting ke lokasi yang lebih aman, dll

Perhatian: Anda tidak dapat menggunakan Windows 7 Recovery Disc, untuk menginstal ulang Windows 7 (seven) tetapi hanya untuk "memperbaiki" Windows.
Related Posts with thumbnails for bloggerblogger widgets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar